Friday 23 November 2018

Review Kontrol Kehamilan dan Bersalin di Kemang Medical Care (KMC)

Tulisan ini dibuat untuk membantu mom-to-be yang sedang mencari referensi tempat persalinan di Jakarta dan sekitarnya.

Sebelum ke KMC, aku udah ke beberapa RS dan belum ada yang sreg. Mencoba nyari informasi dari berbagai forum dan saudara akhirnya dapet informasi mengenai KMC ini. Rumahku di Cijantung, lumayan jauh dari KMC, tapi jarak bisa ditempuh demi persalinan yang nyaman dan berkualitas.

Berikut review berdasarkan pengalamanku:

Selama kontrol kehamilan

Pros:
(+) Pelayanannya bagus banget. Kalau mau kontrol tinggal buat appointment melalui telepon ke Customer Service dan sehari sebelumnya CS akan telepon atau sms untuk konfirmasi kedatangan kita. Antrian konsul tetap berdasarkan kedatangan. Selama kontrol persalinan aku nggak pernah ngerasain nunggu yang lama banget. Kira-kira dua jam kontrol udah selesai, mulai dari daftar, timbang – tensi, konsul 30 menit, tebus resep, dan pembayaran (PS aku selalu kontrol weekdays dan aku bukan pasien dr. Ridwan yang hype sekali hehe).
(+) Tenaga kesehatannya oke-oke banget, mulai dari suster, dokter, konselor laktasi, semua melayani sepenuh hati dan ilmunya up to date.

Cons:
(-) Parkiran sempit, nggak pernah dapet parkir kecuali pas persalinan karena datang jam 6 pagi.

Additional Information:
Biaya per kontrol:
Biaya dokter spesialis kandungan 350rb
USG 2D 250rb
CTG seminar 200rb (pasien dokter Agung rutin CTG setelah usia kandungan 36w)
Vitaminnya beda-beda tapi menurutku sih agak mahal beli vitamin di farmasi KMC, bisa beda sekitar 40-70rb dari harga luar.

Overall:
Nggak pernah nemuin tempat check up kehamilan se bagus KMC, Ratingnya 5 of 5!

Persiapan Persalinan

Pros:
(+) Ada kelas Hypnobirthing, Prenatal Yoga, dan Senam Hamil tapi aku nggak ikut kelas di sini karena jauh.
(+) Hospital Tour bisa diminta ke CS dan mereka dengan senang hati nemenin kita keliling RS. Mulai dari Ruang Bersalin sampai ke Ruang Perawatan.
(+) Biaya persalinan pun bisa dilihat di CS.

Ini dokumen hospital tour nya:
Kamar VIP




Kamar Utama




Sebelum memutuskan bersalin (bahkan pindah kontrol) di KMC, aku sempet buat perbandingan biaya persalinan di RS yang Oke dan nggak terlalu jauh dari rumah, diantaranya RS Siloam TB Simatupang dan RS Pondok Indah. Selain itu, aku juga liat asuransi yang kupake cover nggak di RS itu hehe. Dari Siloam dan RSPI, KMC ini yang paling murah dan dekat dari rumah. Selain itu, cuma KMC yang khusus Rumah Sakit Ibu dan Anak, serta bisa Gentle Birth.

Langsung aja ya ini biayanya…


Asuransi yang bisa dipakai di KMC bisa dilihat di sini : 
https://www.kemangmedicalcare.com/about-us/partners/asuransi

Ada program nabung loh untuk persalinan!



Persalinan

Pros:
(+) Pelayanan sigap, ramah
(+) Bidan-bidan kompeten
(+) Ruangan nyaman, jauh dari kesan horror
(+) Fasilitas lengkap, ada Gymball dan Peanut ball dub
(+) Makanan enak

Cons:
(-) Duh pas di delivery room kenapa ya aku berkali-kali banget di VT nya dan dokter nggak ada waktu itu jadi aku mau complain bingung karena ini wajah baru semua yang ada di sana
(-) Musti banget gitu CTG terus, aku nggak suka sih tiduran pas labor. Pas Bukaan akhir dan udah di delivery room aja yang aku dibolehin nggak CTG lagi.

Perawatan Pasca Persalinan

Pros:
(+) Pelayanan oke, bisa istirahat full karena suster yang gantiin popok, mandiin bayi, dsb walau bayi dirawat gabung dengan ibu. Suster baik banget, awal-awal aku belum bisa nyusuin si dede, tiap mau nyusuin aku selalu panggil suster buat bantu dan selalu dilayani dengan baik. Selain itu nakes di sana juga selalu kasih sugesti positif jadi aku makin semangat.
(+) Visit dokter sehari ada 3 (dokter kandungan, dokter anak, dan laktasi) jadi bisa nanya-nanya banyak hal, maklum first time mother jadi masih banyak bingungnya.
(+) KMC baik banget, aku check in jam 8.00, check out jam 17.00 tapi hari terakhir itu nggak diitung bayar kamar lagi karena aku nunggu hasil lab bayi.
(+) Fasilitas dan Makanan udah nggak usah ditanyain lagi ya

Cons:
(-) Pemahaman antara dokter kandungan, dokter anak, dan konselor laktasi beda-beda, membuat bingung. Contohnya: bayi aku malam hari nggak bangun sama sekali, menurut dokter anak dan laktasi biarkan bayi menyusu on demand sedangkan menurut dokter kandungan, bangunkan untuk menyusu maksimal 4 jam sekali, takutnya bayinya lemas.
(-) Nggak bisa pilih dokter anak dan konselor laktasi
(-) Kecenderungan diagnosis tongue tie pada bayi oleh konselor laktasi
(-) Kamar yang sendiri penuh terus, laris manis
(-) Perkiraan biaya hanya berlaku untuk ibu, bayi tidak termasuk (laboratorium, visit dokter, vaksin, belum lagi kalo dedek mesti disinar but worth it kok)

Kesimpulan :
Menurutku KMC masih the best banget untuk tempat bersalin namun namanya juga RS ya jadi masih ada beberapa intervensi. Kalo mau pure Gentle Birth with no intervention at all mungkin bisa di Klinik Bidan Kita atau Klinik Bumi Sehat Robin Lim di Bali :).

No comments:

Post a Comment

Review PRP dan Derma Punch di NMW Skin Care Depok

 *Review ini akan di- update secara berkala mengingat aku masih menjalani rangkaian treatment. Tulisan terdahulu ku tentang review NMW ada d...